Antara merdeka dan puasa..

Standard

Nggak kerasa udah 65 taun aja Indonesia merdeka..
Sebelumnya gw sebagai anak bangsa yang turut bertanggung jawab atas kelangsungan hidup negara ini mau ngucapin Selamat HUT Republik Indonesia yang ke 65..
semoga makin jaya (walaupun masa kejayaan udah lewat seiring berputarnya waktu), semoga makin besar (saking gedenya nggak bisa keurus semua rakyatnya), semoga makin subur dan kaya (asal rakyatnya nggak hobi nebang pohon sama buang sampah sembarangan..) dan yang pasti semoga MAKIN ASIIKK AJAAA…(TPI kali..:P)
*BTW ini wishes atau kutukan yah? wkwkwk..terserahlah..

well, sebetulnya gw belom merasakan banget sih arti kemerdekaan itu sendiri dan apa makna 17 agustusan bagi gw..
yang jelas sebagai anak yang sedikit autis, makna 17an bagi gw = kembang api..
sebenernya ini yang terpatri dikepala gw tentang 17 agustus..soalnya last momen tentang 17an yang paling berkesan buat gw adalah 17 agustus waktu gw sendiri baru berumur 5 tahun..
inget kan waktu 17 agustusan taun 1995 ada perayaan besar2an di Monas Jakarta yang kebetulan waktu itu adalah saat pertama kali gw ngeliat kembang api sebesar itu meleduk2 di atas kepala gw..
gw masih inget gimana mangapnya gw dan pegelnya leher gw gara2 ngeliat keatas terus selama kembang api meledak..untung aja nggak ada bubuk mesiu yang masuk ke dalem mulut gw..
hehehe..:)

kebetulan 17 agustusan taun ini juga berbarengan sama bulan puasa..
yahh..taun kemaren juga sih..cuma nggak tau kenapa gw baru sadar sekarang, kenapa udah berapa kali Tuhan ngasi tanggal 17 agustus di bulan puasa..

oke..mungkin gw emang sedikit filosofis dan melankolis-kebelet pipis disini..
but, setelah gw pikir2 ada maksud tersembunyi (*caelah bahasa gw) dibalik 17an d bulan puasa..

apa tu..apa tu..?
ehhmm..kalian tau sendiri kan gimana lagi krisisnya negara kita sekarang?
mulai dari krisis ekonomi, krisis akhlak, krisis air..dan masih banyak lagi krisis lain..biar gampang kita sebut aja krisis multi dimensi..*ini sebenernya kata2 favorit gw jaman gw SMA dulu gara2 denger puisi di lagu bangun pemudi-pemuda..
dan di bulan puasa ini entah kenapa gw seperti mendapat pencerahan di otak gw yang biasanya cuma penuh sama DBSK dan assignment, buat berpikir apa arti dari kemerdekaan dibulan puasa..
dan pencerahan itu berbuah hasil assumption kalau sebenernya yang bisa nyelesein krisis multi dimensi di negara kita adalah dengan => BERPUASA

oke, mungkin ini sedikit berbau SARA, tapi..coba pikir deh temen2..
arti harfiah puasa sendiri itu kan menahan nafsu..kita membentengi diri kita dari berbuat yang nggak baik, that’s why di bulan puasa biasanya kita lebih alim dan lebih taat sama Yang maha kuasa..

dan kalau aja ini diterapin sama semua penduduk indonesia di kehidupan keseharian mereka, gw jamin Indonesia bakal lebih makmur dan damai dari negara mana pun juga..
gw bukan nyuruh rakyat indonesia buat nahan haus dan laper setiap hari, cuma gw pengen nerapin arti harfiah puasa di kehidupan sehari2..
karena, setelah gw liat2 masalah utama inidonesia ini berawal dari nafsu yang besar..
contohnya kalo aja para politikus itu nahan nafsu mereka buat saling menjatuhkan, mungkin nggak ada yang namanya sogok-menyogok..
kalo aja pejabat negara kita bisa nahan nafsu mereka buat benda materi, mungkin nggak ada yang namanya korupsi..
dan kalo aja semua rakyat indonesia menahan nafsu amarah mereka, nggak maunya menang dan ngerasa bangga sama golongan mereka sendiri, mungkin nggak ada lagi yang namanya perang saudara..atau at least perang antar tetangga..bahkan mungkin nggak akan ada lagi yang namanya kerusuhan antar sekolah…

satu hal lagi..andaikan para pembesar negara yang duduk di bangku DPR-MPR tau kenapa Puasa dan Zakat dilaksanakan dibulan yang sama, mungkin mereka bakal nangis malu karena mereka punya harta yang notabene nya bukan HAK mereka..
coba bayangin..kalo aja 2.5% dari harta mereka perorangan di zakatin paling nggak setaun sekali, gw jamin nggak ada lagi yang namanya kemiskinan (ini juga dengan anggapan badan amil nya nggak ikutan korup juga yaa…)
itung aja deh..kalo mereka semua minimal punya toyota new camry yang harganya paling murah sekitar 500 jutaan..
2.5% dari 500 juta berapa? dua belas jutaan lebih..
itu baru dari mobil mereka aja..belum dihitung keseluruhan asset yang mereka punya..dikali jumlah semua pejabat negara yang tersebar diseluruh indonesia..berapa jumlahnya?
BISA BUAT NGECOVER BIAYA MAKAN KORBAN LUMPUR LAPINDO SELAMA SETAHUN BAHKAN LEBIH!!!

well..sayang nya mereka semua belum dapet pencerahan, atau mungkin lebih tepatnya nggak mau tau tentang arti diri mereka sebagai rakyat Indonesia yang bertanggung jawab sama tanah kelahiran mereka sendiri..

sekarang ini gw cuma bisa berusaha dengan cara gw sendiri dan role gw sebagai anak bangsa yang sedang mencari jati diri di ibu tetangga..
*haha..jelek banget sebutannya..

mulai dari sekarang gw janji bakal nerusin prinsip puasa dalam diri gw, dan mudah2an bisa menular ke yang lain..
aminn…

SELAMAT ULANG TAHUN INDONESIA !!
SEMOGA PANJANG UMUR..
WISH YOU ALL THE BEST!!

(*gw nggak mau bilang merdeka, karena sesungguhnya Indonesia belom merdeka sama sekali..)

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s